SOSIALISASI PANDUAN IBADAH RAMADHAN DAN MEKANISME PENGELOLAAN ZAKAT FITRAH TAHUN 2021

Senin (12/04) Kantor Urusan Agama Kecamatan Sebatik Timur bekerja Sama Dengan Kecamatan Sebatik Timur menggelar Sosialisasi Panduan Ibadah Ramadhan 1442 H / 2021 M, di Home Stay D’Putri Desa Bukit Aru Indah yang dihadiri sekitar 45 orang peserta.

Kegiatan Sosialisasi dipandu langsung oleh Camat Sebatik Timur bapak Wahyuddin S.Sos, dalam sambutannya beliau menyampaikan “Kita bersyukur karena tahun ini kita dibolehkan melaksanakan sholat tarawih berjamaah di masjid, tentunya dengan tetap menjaga protokoler kesehatan. olehnya itu saya menghimbau kepada pengurus masjid agar mematuhi himbauan pemerintah dengan memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan.” Ungkapnya.

Wahyuddin juga menyampaikan rasa bangga kepada pengurus UPZ Sebatik Timur, yang telah bekerja keras dalam mengumpulan zakat sekaligus mendistribusikan kepada mustahik, sehingga dalam jangka 3 bulan dari januari hingga April ini, dapat mengumpulkan dana zakat , infak dan Sedekah sebesar Rp. 120 juta. jadi wajar kalau Sebatik Timur dijadikan sebagai Kampung Sadar Zakat.

Hj. Nursan selaku Anggota DPRD Kab. Nunukan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, dalam sambutanya menyampaikan kepada segenap pengurus masjid dan masyarakat agar pembayaran zakat dilaksanakan sedini mungkin tanpa menunggu akhir akhir Ramadhan, hal ini bertujuan agar tidak terjadi kerumunan saat pembayaran zakat, dalam rangka pencegahan covid 19.

Danramil Sebatik bapak Muhammad Bakri yang juga selaku ketua Tim Gugus Penanganan Covid 19,  menyampaikan bahwa  kita telah dibolehkan sholat tarwih berjamaah dimasjid dengan catatan wajib menjaga protokol kesehatan secara ketat. jangan sampai kita termasuk orang orang yang tidak mematuhi himbauan pemerintah. dan juga sehubungan dengan akan masuknya bulan Ramadhan beliau menyampaikan permohonan maaf jika selama ini ada perbuatan dan ucapan yang keliru, yang kasar, atau yang menyinggung perasaan.

Selanjutnya Kepala KUA Sebatik Timur bapak M. Asmayadi selaku pembawa materi sosialisasi SE Menteri Agama Nomor 04 Tahun 2021 tentang Perubahan SE Menteri Agama nomor 03 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Sholat Idul Fitri tahun 1442 H/ 2021 M.
M. Asmayadi Menyampaikan dalam SE No.04 ini lebih menekankan bahwa dibolehkannya melaksanakan sholat tarawih, sholat witir, buka bersama tadarus al Qur’an dan kegiatan Nuzulul Qur’an tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Surat Edaran ini berlaku pada Daerah Zona Hijau berdasarkan pantau tim gugus penganan covid 19. adapun Daerah yang berstatus zona merah ( resiko tinggi ) berdasarkan penetapan pemerintah setempat maka sesuai Surat EdaranTIDAK BOLEH melaksanakan sholat tarawih, tadarus dan ibadah lainnya di masjid, dan dianjurkan sholat tarawih di rumah bersama keluarga inti.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Kab. Nunukan Ibu Hj. Nursan, S.H, Camat Sebatik Timur bapak Wahyuddin, S.Sos, Kapolsek Sebatik Timur bapak Khomaini, Danramil Sebatik Bapak Muhammad Bakri, Kepala KUA Sebatik Timur bapak M. Asmayadi, S. H.I, Kepala Desa Se Kecamatan Sebatik Timur, Penyuluh Agama Islam Non PNS Sebatik Timur, Pengurus UPZ Sebatik Timur, Para Imam Masjid dan Pengurus UPZ Masjid.

sumber : M.A.a

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan