Jajaran polsek sebatik timur bubar kan kerumunan di malam tahun baru 2021 berdasarkan surat edaran bupati nunukan nomor 9 tahun 2020

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Personil Gabungan TNI Polri dan Satpol PP Lakukan Razia di Tempat Keramaian-

Seinyamuk. Desa. Id#Jajaran Polsek Sebatik Timur bersama Koramil Sebatik 0911-02 /Sbt dan satpol PP melakukan pengamanan akhir tahun 2020.

Pengamanan di lakukan bertujuan untuk mencegah penularan COVID-19 di Masyarakat sesuai edaran Bupati Nunukan Nomor 9 tahun 2020 tentang pencegahan penularan corona virus desease 2019 pada perayaan malam pergantian tahun baru 2021 di kabupaten Nunukan, agar tidak melaksanakan perayaan malam pergantian tahun baru yang dapat menimbulkan kerumunan dan konvoi sehingga berpotensi terhadap terjadi nya penularan covid -19 di masyarakat.

Kapolsek Sebatik Timur, Iptu Mhd Khomaini, S. T. K, S. I. K mengatakan, Kamis (31/1) patroli gabungan TNI-Polri bersama Satpol PP dalam rangka pengamanan dan mencegah kerumunan malam tahun baru Di wilayah kerja Koramil 0911-02/Sbt dan Polsek Kecamatan Sebatik Timur Kabupaten Nunukan.

Dari hasil patroli, masih ada yang di dapati beroperasi atau buka di atas jam 09.00 malam yang mana telah di ketahui di tempat rekreasi tersebut salah satu warga Nunukan berinisial JP (40) bersama keluarga alamat Nunukan sedang menikmati hiburan sekaligus liburan keluarga di tempat itu.

“Kita bubarkan langsung karena sudah melanggar aturan yang di keluarkan Pemerintah Nunukan. Kemudian yang bersangkutan kita panggil ke Polsek untuk di mintai keterangan,” Ujar Kapolsek Sebatik Timur.

Dia mengatakan, pergantian Tahun baru ini kami melaksanakan patroli sesuai imbauan dari gubernur dan Bupati serta maklumat Kapolri,
Bahwa kami di perintahkan untuk membubarkan apabila terjadi kerumunan sesama masyarakat, berada di tempat-tempat hiburan diatas jam yang ditentukan, seperti cafe, restoran, tempat hiburan. Apabila masih ada yang buka maka kita akan membubarkan kegiatan tersebut dengan Humanis sopan dan tertib.

“Alhamdulillah masyarakat Sebatik Timur mayoritas sudah mentaati aturan maklumat Kapolri dan Surat Edaran, walaupun ada beberapa tempat yang kita lakukan tindakan pembubaran kegiatan,” Terangnya.

Intinya malam pergantiann tahun ini, kata Khomaini tidak ada perayaan yang di lakukan oleh masyarakat seperti tahun-tahun yang lalu dengan kegiatan Konvoi , kumpul-kumpul, minuman keras dan petasan. Sebelumnya kita sudah melakukan upaya pencegahan dengan
1. Pemberitahuan terlebih dahulu kepada pemilik usaha, cafe, restoran, tempat hiburan dan tempat wisata serta tempat yang di duga akan terjadi kerumunan terkait Maklumat Kapolri dan Surat Edaran Bupati Nunukan.
2. Menutup semua akses jalan menuju Pelabuhan Sungai Nyamuk dan Pelabuhan Pos AL oleh Personil TNI- AL.
3. Melakukan Razia Miras dan Petasan di beberapa tempat sehari sebelum Natal dan sebelum Tahun Baru.

” Saya berharap masyarakat bisa mematuhi aturan yang telah tercantum dalam maklumat Kapolri dan Surat Edaran bupati Nunukan, sehingga penyebaran Covid-19 yang di sebabkan kerumunan bisa dihindarkan dan tetap mengunakan masker, mencuci tangan menjaga jarak,”Pungkas Khomaini. (**)

Sumber dhin PK

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan