Bpd desa bimtek tentang fungsi dan tugas nya

Berita Sebatik Timur – pembinaan dan bimbingan peningkatan kapasitas kelembagaan BPD se-Kecamatan Sebatik Timur digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Sungai Nyamuk Kecamatan Sebatik Timur pada hari Selasa ,(24/11/2020).
Dalam acara tersebut dihadiri oleh Sekcam Wahyudi. Kawariyin, SE.,MM, Kasubbag Penyusunan Perundang-undangan bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan Mutiq Hasan Nasir, SH, Kasi Bina Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nunukan, Fery Wahyudi, S.Sos juga sebagai Pembina Teknis Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Utara (PTPD) yang merupakan salah satu narasumber yang memaparkan materi tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Peran BPD, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat Sebatik Timur Andi Muliama, ST, Kasubag Umum dan Kepegawaian Kecamatan Sebatik Timur Ebit Asmawi, A.Md, Kepala UPT Puskesmas Sungai Nyamuk, Kepala Desa Se-Kecamatan Sebatik Timur, serta perwakilan dari Muspika se-Kecamatan Sebatik Timur Danramil Sebatik, Babinkantibmas, Danpos AL Sungai Nyamuk, Danki Marinir Tanjung Aru, dan Karang Taruna se-Kecamatan Sebatik Timur.
Ketua panitia, Andi Muliama, ST selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat Sebatik Timur, menyampaikan dalam pembinaan dan bimbingan peningkatan kapasitas kelembagaan BPD, Adapun tujuan dan sasaran dalam pelaksanan kegiatan ini yaitu, untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan kapasitas serta kemampuan keterampilan bagi Anggota Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) dalam pelaksanaan pembangunan di desa masing-masing. Tuturnya.
Selanjutnya Andi Muliama, ST menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan ini akan dihadiri 20 peserta yang terdiri dari 5 anggota BPD dari masing-masing Desa serta materi terbagi menjadi sub materi yaitu Tugas Pokok, Fungsi dan Peran BPD akan disampaikan narasumber dari DPMD Kabupaten Nunukan, Fungsi Legislasi dan Pembuatan Produk Hukum Desa disampaikan narasumber dari Bagian Hukum Setda Kabupaten Nunukan oleh Mutiq Hasan Nasir, SH, dan Fungsi Pengawasan BPD disampaikan narasumber dari Kecamatan Sebatik Timur.
Camat Sebatik Timur yang diwakili oleh Sekcam Wahyudi. Kawariyin, SE.,MM seambutannya menegaskan pentingnya pembinaan dan bimbingan BPD ini “Peran BPD selama ini belum menjadi optimal dalam pemerintahan desa, ada yang belum bersinergi dengan kepala desa, inilah kesempatan bapak ibu BPD untuk belajar mendapatkan ilmu demi kemajuan di desa masing-masing,” kata sekcam.

              Foto bpd desa dan pak kades

Sebelum membuka acara sekcam menyampaikan bahwa kegiatan ini selain wadah silaturahmi juga merupakan ajang bertukar informasi dan bersinergi untuk mewujudkan desa yang mandiri “kegiatan ini merupakan ruang sosialisasi dari beberapa perubahan regulasi terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan desa”

Kasi Bina Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Nunukan, Fery Wahyudi, S.Sos juga sebagai Pembina Teknis Pemerintahan Desa Provinsi Kalimantan Utara (PTPD) yang merupakan salah satu narasumber yang memaparkan materi tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Peran BPD dalam pemaparannya mengatakan kegiatan pembinaan dan bimbingan penigkatan kaspasitas kelembagaan BPD di Kecamatan Sebatik Timur yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Nunukan.
“kami sangat mengapresiasi kegiatan ini karena Kecamatan Sebatik Timur yang pertama kali melaksanakan kegiatan pembinaan untuk anggota BPD di Kabupaten Nunukan” tuturnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan