Musyawarah Rencana Pembangunan Desa tahun anggaran 2021

Pemerintahan Desa Sungai Nyamuk, Kecamatan Sebatik Timur menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembang Desa) 2020 di Balai Petemuan Umum kantor desa Sungai Nyamuk, Senin (27/01/2020).

Kegiatan Musrenbangdes ini di hadiri oleh Camat Sebatik Timur, Wahyuddin, S.Sos, didampingi Sekcam Sebatik Timur, Wahyudi Kawariyin, SE., MM., Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Masyarakat (PM.KESRA), Andi Muliama, ST, Kasubag Penyusunan Program, Tahrir, S.IP, dan staf Kecamatan Sebatik Timur..

 

Turut Hadir Juga Anggota DPRD Kabupaten Nunukan, Hamsing, S.Pi, Serta Kepala Desa Sungai Nyamuk, Zulkifli, S.Ikom, Ketua BPD Sungai Nyamuk beserta Anggota, yang di wakili oleh Muharram sekaligus didaulat menjadi moderator, Kepala Puskesmas Sungai Nyamuk beserta staf Tenaga Kesahatan, Peyuluh Perikanan, Pendamping  Desa Kecamatan Sebatik Timur, Kepala-kepala Dusun, Ketua-ketua RT, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perwakilan Nelayan  dan masyarakat Desa Sungai Nyamuk.

Acara dibuka langsung oleh Camat Sebatik Timur, dalam sambutannya mengatakan bahwa musrenbangdes adalah kegiatan rutin tahunan dalam upaya menyusun perencanaan dibidang pembangunan melalui penjaringan aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di desa. Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat desa untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah desa melalui musyawarah, serta menyepakati rencana kegiatan yang akan diusulkan pada Musrenbang Kecamatan. salah satu prosesnya melalui Bottom Up Planing dari bawah, yang diawali Musrenbang.Pak ustadz rusdiman

“Masyarakat menaruh harapan besar terhadap manfaat kegiatan Musrenbang, agar usulan pembangunan yang mereka sampaikan dapat terwujud, “ ujar Camat Sebatik Timur.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Nunukan yang di hadiri Hamsing, S.Pi  mengatakan, tugas dan fungsi DPRD dalam rangka ikut membangun daerah. Usulan masyarakat dari kegiatan Musrenbang mulai dari tingkat desa,kelurahan hingga kecamatan akan menjadi referensi DPRD dalam menentukan kebijakan pembangunan yang diajukan oleh eksekutif “hamsing,S.Pi.

“Lanjut Anggota DPRD wajib hadir di kegiatan Musrenbang agar mengetahui dan mendengar langsung, apa yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat yang dibawah, sehingga ketika pembahasan anggaran bisa menentukan kebijakan secara tepat. Hasil Musrenbang akan kita saring, mana yang menjadi skala prioritas untuk diperjuangkan dalam Musyawarah rencana pembangunan ditingkat Kabupaten.
” hamsing.

               Pak Jumadil selaku pendamping

Dalam sambutannya pada rapat MUSRENBANG kepala desa Sungai Nyamuk mengatakan ”dengan di gelarnya MUSRENBANG DESA tahun anggaran 2021 berbagai usulan dari masyarakat dan kita ciptakan transaparansi masyarakat berhak mengusulkan program pembangunan di lingkungannya tentunya sesuai kebutuhan dan skala perioritas,

“Kita harus memilah dan memilih sesuai skala perioritas, Saya berharap usulan masyarakat melalui musyawarah perencanaan pembangunan yang nanti akan di lanjut ke musyawarah perencanaan pembangunan kecamatan dan kabupaten, mudah-mudahan dapat di realisasikan”, lanjut Zulkifli, S.Ikom.

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan, sehingga terjalin komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga tercipta usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrenbang desa tahun 2021..

Setelah di lakukan pembahasan dan diskusi terhadap materi atau topik, selanjutnya seluruh peserta Musrenbang Desa menyetujui serta memutuskan beberapa hal yang berketetapan menjadi keputusan akhir dari Musrenbang Desa.

Sumber(A,m.dhin)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*